Ajaib, Lahir Tanpa Keempat Anggota Badannya Bayi Ini Dinyatakan Sehat

Seorang wanita di Madhya Pradesh telah melahirkan bayi perempuan yang kehilangan keempat anggota tubuhnya karena kelainan genetik yang langka, lapor PTI. Bayi itu lahir di desa Sonjak Sironj Tehsil di distrik Vidisha Madhya Pradesh pada 26 Juni oleh seorang wanita berusia 28 tahun. Karena kelainan kongenital resesif autosomal yang disebut Tetra-Amelia, bayi tidak memiliki lengan dan kaki.
Berdasarkan pernyataan Dr Sures Aggarwal, dokter anak di Rumah Sakit Rajiv Gandhi Smriti, Sironj, selain anggota badan yang hilang, bayi itu sehat tetapi akan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Laporan itu juga menambahkan bahwa bayi itu dilahirkan di rumah dan orang tua tidak ingin membawa bayi yang baru lahir ke rumah sakit.
Sindrom Tetra-Amelia adalah kelainan genetik yang ditandai dengan tidak adanya keempat anggota badan. Dalam beberapa kasus, area lain dari tubuh seperti wajah, tengkorak, organ reproduksi juga dipengaruhi oleh malformasi. Ini disebabkan karena mutasi pada gen WNT3. Dalam istilah yang lebih sederhana, ini mencegah sel-sel dari memproduksi protein WNT3, yang kemudian mengganggu pembentukan anggota tubuh dan menyebabkan cacat lainnya.
Bhopal CMHO dan dokter anak Dr Prabhakar Tiwari mengatakan sindrom ini mempengaruhi hanya 1 dari 1.00.000 bayi baru lahir. Kemudian sebuah penelitian 2011 oleh Dr Eva Bermejo-Sanchez dari Research Center on Congenital Anomalies (CIAC) di Spanyol menyarankan bahwa kelainan ini secara kasar mempengaruhi 1 dari 71.000 kehamilan.
Namun, penyebab sindrom Tetra-Amelia belum ditentukan pada beberapa keluarga yang terkena.
Selain bayi baru lahir di Madhya Pradesh, Nicholas James Vujicic dari Australia adalah orang lain yang dilaporkan dilahirkan dengan sindrom Tetra-Amelia. Nick, yang kebetulan menjadi pembicara motivasi, harus menghadapi banyak kendala dalam hidup karena kurangnya anggota badan.
Tapi dia bertahan melalui semua tantangan dan menjadi salah satu pembicara utama paling terkenal di dunia.