Haru! Korbankan Masa Kecil, Bocah di Sulsel Rawat Orangtuanya yang Lumpuh Bertahun-tahun

Sudah sepatutnya seorang anak untuk berbakti pada orangtua. Hal inilah yang dilakukan seorang bocah SD berusia 12 tahun bernama Babil. Di usianya yang masih sangat muda, ia harus merawat kedua orangtuanya yang lumpuh.
Ia rela melakukan semua pekerjaan rumah semenjak ibu dan ayahnya hanya bisa terbaring di tempat tidur. Babil bahkan tak punya waktu untuk bermain layaknya anak-anak seusianya.

Rawat kedua orangtua

Babil | www.instagram.com
Kisah hidup Babil menjadi viral usai sebuah video yang memperlihatkan bocah 12 tahun itu sedang merawat kedua orangtuanya yang lumpuh. Video itu diunggah kembali oleh akun Instagram @ndorobeii pada hari Rabu (03/06/20) lalu.
"Ini Babil umur 12 tahun, kelas 6 SD ya nak. Babil hanya ingin orang tuanya sembuh biar Babil bisa sekolah. Semoga orangtuanya bisa cepat sembuh," ujar wanita yang merekam video tersebut.
Tampak dalam video lain, Babil sedang merawat kedua orangtuanya. Di usia Babil, ia seharusnya sibuk belajar dan menghabiskan waktu bermain bersama teman-teman. Namun Babil harus mengorbankan masa kecilnya demi merawat orangtua.

Kedua orangtua alami lumpuh

Kedua orangtua alami lumpuh | www.suara.com
Babil menceritakan jika sang ibu sudah menderita penyakitnya sejak 8 tahun lalu. Saat itu usia Babil masih 4 tahun. Ia pun dirawat oleh sang ayah yang saat itu masih sehat. Namun tak disangka, pada akhir tahun 2019 lalu, sang ayah tiba-tiba mengalami penyakit serupa dengan sang ibu.
Babil yang tinggal di Dusun Topejawa Lama, Desa Topejawa, Kecamatan Marbo, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan ini akhirnya harus merawat kedua orangtuanya seorang diri. Tak hanya itu saja, Babil bahkan mengerjakan pekerjaan rumah mulai dari mencuci piring hingga bersih-bersih.
Untuk makan sehari-hari, Babil dan kedua orangtuanya hanya mengandalkan belas kasihan para tetangganya. Meski tak mudah, Babil mengaku tak pernah marah atau mengeluh atas apa yang menimpa orangtuanya.

Dibanjiri bantuan

Orang tua Babil telah dibawa ke rumah sakit | www.instagram.com
Setelah kisah Babil viral di media sosial, Babil mendapat bantuan dari pemerintah hingga penggalangan dana dari masyarakat. Babil mendapatkan banyak bantuan baik berupa uang tunai maupun sembako.
Tak hanya itu, akun @ndorobeii mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan orangtua Babil telah dirawat di rumah sakit.
"Alhamdullilah sudah dibawa ke Rs , adek babil semangat ya," tulis @ndorobeii dalam keterangan fotonya.
Dilansir dari Kumparan.com, Rabu (03/06/20), kedua orangtua Babil dibawa ke Rumah Sakit Pelamonia untuk mendapatkan perawatan. Sementara terkait biaya pengobatan seluruhnya ditanggung oleh Panglima Kodam XIV/Hasanuddin.
Babil merasa bahagia akhirnya kedua orangtuanya bisa mendapat perawatan medis yang layak. Babil berharap orangtuanya bisa segera sembuh dan bisa beraktivitas kembali