Keluarga Miskin Tinggal di Bangunan Kumuh, Ternyata Isinya Bikin Takjub

Potret tempat tinggal sebuah keluarga kurang mampu di Malaysia belakangan ini mencuri perhatian publik.
Pasalnya, meski mereka tinggal di tenda kumuh namun ternyata memberikan teladan bagi banyak orang.
Maznah bin Ismail adalah salah satu anggota keluarga tersebut. Ia merupakan seorang mahasiswa Universitas Teknologi Malaysia (UTM).
Akibat pandemi virus corona covid-19, Maznah harus belajar di rumah. Sejak saat itulah, potret tempat tinggalnya menyita perhatian banyak orang.
Selama ini, Maznah tinggal serba kekurangan bersama kakak kandungnya, Radzuan yang sehari-hari bekerja sebagai buruh di perkebunan sawit.
Dari pekerjaan tersebut, Radzuan mendapatkan upah sekitar Rp 4 juta per bulan. Padahal, ia harus menghidupi, istri, adik dan enam orang anak.
Tak ayal, Radzuan kesulitan mencukupi kebutuhan keluarganya dengan upah tersebut. Bahkan untuk memberikan tempat tinggal layak, Radzuan juga tak mampu.
Walhasil mereka selama ini tinggal di sebuah bangunan semi permanen beratapkan seng dan terpal di sebuah lahan kosong.
Dinding-dinding rumah itu jauh dari kesan kokoh karena hanya dilapisi kain lusuh, sedangkan pilarnya mengandalkan bambu yang saling dikaitkan.
Kesan memprihatinkan juga terlihat di bagian depan rumah. Tampak barang-barang seperti ember dan karung berserakan.
Meski tampak kumuh dari luar, namun ternyata bagian dalam rumah keluarga Radzuan begitu rapi dan bersih.
Hal itu ditunjukkan lewat unggahan yang dibagikan oleh pemilik Twitter @mulia_aziz.
Di dalam rumah itu, keluarga Radzuan menjadikan karpet sebagai alas. Sementara, sebagai kamar mereka memanfaatkan tenda kecil.
Mereka juga menata barang-barang perabotan rumah dengan rapi meski di tempat yang seadanya.
Kontan saja, potret tersebut menuai decak kagum dari publik. Terbukti meski hidup serba kekurangan, keluarga Radzuan tetap menjaga kebersihan.
Warganet pun ramai memberikan pujian kepada keluarga Radzuan. Bahkan ada pula yang merasa salut dengan keluarga Radzuan.
"Dalam rumah tampak tertata rapi. Semoga dipermudah segala urusan mereka," kata @miniwawa.
"Daun kering bahkan tak terlihat, rumah ditata sedemikian rupa. Ini menunjukkan kalau miskin bukan berarti jadi kotor dan malas, mereka punya motivasi cuma belum ada kesempatan mendapat rumah yang lebih baik," timpall @DomeonecallAlay.
"Kagum, rumah bersih bahkan ada sajadah. Anak dia juga belajar di UIA,ini bukti miskin tak jadi pengotor dan bodoh," cuit @midlocking.
Sejak dibagikan oleh akun @mulia_aziz, foto-foto tempat tinggal Radzuan dan keluarganya telah mendapat 17,7 retweets dan 15,8 ribu likes.
Radzuan juga sebelumnya diterangkan sudah berusaha meminta bantuan rumah layak huni namun belum mendapat repons dari pemerintah setempat.