Innalillahi Wainnailaihirojiun, Gatot Soejanto Seorang Seniman Boneka Tongki Tutup Usia

Dikabarkan seorang seniman boneka tongki Gatot Soejanto telah meningal pada Sabtu, 12 September 2020.
Berdasarkan pernyataan keluarga dari laman Facebook Multi Entertainer Gatot Soejanto & Tongki, Gatot diketahui meninggal pada pukul 4.35 pagi dini hari.
"Hari ini adalah momen terberat bagi kami keluarga Pondok Tongki. Sabtu dini hari, tanggal 12 Sept 2020 Papa kami tercinta, idola saya, mentor saya Gatot Soenjoto, berpulang kembali ke Sang Maha Pencipta. Papa meninggalkan kami dengan damai dalam tidurnya di rumah dan bersatu dengan semesta," tulis putranya di laman Facebook tersebut.
Gatot merupakan sosok yang sangat dicintai oleh keluarga dan para pecinta karyanya.
"Banyak cinta selalu, Tuhan memberkati, sampai kita bertemu lagi. ????????❤️???????? Sun sungkem kami keluarga Pondok Tongki: Devi, Deva, Dian, Dinda, Canda, Candrika, dan Mama Istijah Prajitnaningsih." Tambahnya dalam tulisan laman Facebook tersebut.
Gatot Soejanto pernah belajar ventriloquism di New York pada 1974. Pada 1970-an beliau mulai muncul di layar kaca televisi bersama bonekanya, Tongki.
Gatot Soejanto menapaki karirnya
pada 1976-1978 sebagai pembawa acara Aneka Ria Anak-Anak di TVRI.
Kemudian membawakan acara Panggung Mini di TVRI pada 1980-an juga menjadi pembawa acara kuis Pesona 13 di TVRI era 80-an.
Belum ada kabar pasti penyebab kematiannya hingga saat ini.**.