Kisah Pilu anak yatim yang mengalami penyakit aneh

Selembar kain menutupi tubuh Astain, anak 12 tahun warga Dusun V, Desa Sikara, Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.
Sudah 1 tahun 4 bulan Astain dalam posisi tengkurap. Ia pun hanya beralaskan bambu tanpa tikar maupun kasur di pondok yang terbuat dari papan dengan sebagian atapnya tidak tertutup.
Kaki Astain tidak lagi berfungsi dengan baik. Jangankan berdiri, duduk dalam posisi normal pun Astain tidak mampu.
Sesekali, Astain terlihat meringis menahan sakit pada bagian kakinya. Kini, Astain tampak sangat kurus, hanya terlihat kulit membalut tulangnya.
Belum diketahui pasti penyakit apa yang dialami Astain. Tubuhnya kelihatan sangat lemas, kakinya tampak luka dan melepuh. Akhir-akhir ini, ia baru disorot oleh media sosial karena kondisinya yang semakin memperihatinkan. Astain adalah anak yatim yang hidup dalam lingkar kemiskinan.
Sang ibu yang hanya bekerja sebagai tukang masak untuk buruh kelapa tidak mampu membawa anaknya ke empatnya itu untuk berobat dan memeriksakan kesehatan lebih lanjut.
“Selama 1 tahun 4 bulan dengan keadaan tengkurap, tidak dapat duduk, berdiri, tidur dengan posisi normal, bangun dari tempat tidurnya, bahkan untuk membuang air besar maupun air kecil, Astain lakukan di tempat tidurnya,” kata Via, salah satu anggota Komunitas Hamba Allah di Sulteng, Senin (31/8).
Via menambahkan, Astian saat ini butuh berobat. "Karena BPJS belum punya, sehingga kami mencoba untuk membantunya dalam pengurusan BPJS," singkatnya.