Tubuh Epy Kusnandar 'Mati Sebelah' Hingga Mata Ikut Kabur Akibat Stroke, Pilih Pengobatan Alternatif

Bintang sitkom "Preman Pensiun", Epy Kusnandar, saat ini berada dalam kondisi kesahatan yang kurang baik. Akibat penyakit stroke yang memang sudah cukup lama ia derita, setengah tubuh Epy mati rasa dan kehilangan kemampuannya. Bahkan hal yang sama juga dialami oleh matanya.
Penyakit stroke ringan itu, membuat tubuh bagian kirinya bermasalah. Stroke ringan itu membuat mata kirinya tak bisa berfungsi secara baik bahkan lama kelamaan bisa mengakibatkan kebutaan.
Kabar tersebut datang dari Epy sendiri dalam salah satu vlog di channel YouTube miliknya. Dalam vlog tersebut, Epy awalnya membagikan momen saat tengah menuju pengobatan alternatif ditemani anak istri serta rekannya.
Dalam perjalanan tersebut, lawan main almarhum Didi Petet dalam "Preman Pensiun" itu kemudian juga ikut mengungkapkan gejala yang dialaminya. Epy Kusnandar menjelaskan bahwa stroke yang ia alami menyerang tubuhnya secara perlahan namun tak sampai membuatnya tak bisa berjalan.
"Nggak. Belum sampai (tidak bisa jalan). Pelan-pelan dihantamnya. (Mulanya terserang) Mata dulu, mata dulu semakin kabur semakin buta, ini kiri, iya ini kiri semuanya kiri ternyata," ujar Epy Kusnandar dalam vlog tersebut. "Otak di sebelah kiri (terserang), kalau digerak ke kiri nggak berasa."
Epy Kusnandar menjelaskan bahwa awalnya ia mengalami gangguan penglihatan. Mata kirinya kabur sampai-sampai matanya tak bisa melihat. Stroke ringan yang menyerang Epy Kusnandar juga terasa di bagian kepalanya. Apalagi saat kepalanya diangkat sakitnya itu makin terasa.
Epy Kusnandar rencananya akan berobat ke sebuah pengobatan alternatif di Depok. Meski sakit, Epy terlihat berjalan dan berkomunikasi dengan baik. "Saya sudah sampai di Depok. Badan yang sebelah ini mau dibatek-batek. Mau direparasi biar tidak jadi mati sebelah," ujar Epy Kusnandar setelah sampai di lokasi terapi.
Dalam kesempatan itu, Epy juga mengaku harus belajar menyayangi orang-orang terdekatnya. Ia juga sempat berpamitan dengan kucingnya usai menjalani pengobatan tersebut. "Mudah-mudahan saya lebih menyayangi orang-orang terdekat," pungkas Epy Kusnandar.