[cek Fakta] ketua umum PBNU sebut Jokowi cucu kandung nabi Musa? Ini faktanya

 


Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Informasi tersebut tidak benar. Ditemukan gambar identik pada cuplikan tayangan program Newsmaker Medcom.id yang diunggah akun resmi media sosial Medcom.id, di antaranya di akun Facebook dan akun Youtube Medcom.id pada 7 Maret 2019. Pembahasan dalam episode tersebut adalah larangan memanggil kafir bagi Non-Muslim. Dari tayangan itu, Said Aqil Siradj sama sekali tidak menyebut bahwa Jokowi merupakan cucu Nabi Musa.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook


Narasi:

“COBA Tanya baik”. CUCU FIR’aun kah dia Kira” NGAKUI GK dia.”

Narasi dalam gambar:

“AQIL SIJOJ : Pak Jokowi itu Cucu Kandung Nabi Musa, Coba Tanya Baik-Baik Pasti Beliau Mengakuinya”

= = =

Penjelasan:

Akun Facebook Buzzer Rupiah mengunggah sebuah gambar pada 17 Oktober 2020 yang menampilkan sosok Said Aqil Siradj dan dalam gambar tersebut juga terdapat narasi “AQIL SIJOJ : Pak Jokowi itu Cucu Kandung Nabi Musa, Coba Tanya Baik-Baik Pasti Beliau Mengakuinya”.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ditemukan artikel berita dengan judul tersebut maupun pernyataan dari Said Aqil Siradj yang menyatakan bahwa Jokowi cucu kandung Nabi Musa. Setelah ditelusuri lebih lanjut, gambar tersebut identik dengan cuplikan tayangan program Newsmaker Medcom.id ya  diunggah akun resmi media sosial Medcom.id, di antaranya di akun Facebook dan akun Youtube Medcom.id pada 7 Maret 2019.

Di antara pembahasan dalam episode tersebut adalah larangan memanggil kafir bagi Non-Muslim. Selain itu Said Aqil Siradj juga membahas bahtsul masail (diskusi para ahli dalam mencari solusi permasalahan yang ada di tengah masyarakat) yang pernah diputuskan NU. Dari tayangan itu, Said Aqil Siradj memang sempat menyinggung kata ‘cucu’. Namun ia sama sekali tidak menyebut bahwa Jokowi merupakan cucu Nabi Musa.

Dengan demikian, unggahan dari akun Facebook Buzzer Rupiah dengan klaim Jokowi merupakan cucu kandung Nabi Musa adalah tidak benar dan termasuk dalam konten yang menyesatkan.

= = =

Referensi: