Innalillahi, Ulama Besar Dunia Wafat karena Mobil yang Digunakan Terpasang BOM

 


Tidak lama ini, kabar duka datang dari seorang ulama besar di Damaskus Suriah, dimana kabar duka tersebut adalah wafatnya Syekh Adnan Al-Afyouni.

Beliau adalah seorang Mufti Damaskus Suriah yang meninggal akibat serangan bom yang terpasang di mobil pribadi milikinya dan meledak dalam perjalanan.

Dengan kabar tersebut, sontak membuat menjadi kabar duka bagi umat Muslim di dunia, mengingat Syekh Adnan Al-Afyouni memiliki peran yang sangat penting dalam rekonsiliasi konflik di Suriah.

Dikutip mantrasukabumi.com dari unggahan akun Instagram @nuonline_id pada 24 Oktober 2020 pukul 06.32 WIB.

Kabar tersebut dikonfirmasi Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alsyami) yakni M. Najih Arromadloni.

"Iya benar, Mas," katanya mengonfirmasi seperti dikutip mantrasukabumi.com dari unggahan akun Instagram @nuonline_id pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Syekh Adnan Al-Afyouni wafat dalam sebuah perjalanan di Qudsia akibat dari mobil yang saat itu digunakan oleh Syekh Adnan Al-Afyouni meledak karena dipasang sebuah bom.

Syekh Adnan Al-Afyouni adalah seorang ulama yang sangat berperan aktif dan memiliki peran yang sangat penting dalam proses rekomo konflik di Suriah. "Beliaulah ulama yang turun langsung meng-ishlah-kan pihak-pihak yang bertikai," kata Gus Najih.

Selain itu, beliau juga merupakan ulama yang mendapatkan kepercayaan dari pemerintah dan oposisi karena dinilai memiliki integritas yang tinggi.

Gus Najih menjelaskan bahwa Syekh Adnan Al-Afyouni merupakan ulama yang sangat dekat dengan ulama Indonesia dan juga beliau memiliki ratusan murid di Indonesia.

Karenanya, ia mempunyai kedekatan dengan ulama-ulama Indonesia, terutama Maulana Habib Luthfi bin Yahya, Anggota Wantimpres RI dan Rais 'Aam Jam'iyah Ahlith Thariqah al-Mutabarah al-Nahdliyah (JATMAN).

"Kami kehilangan seorang guru, ulama, dan rekonsiliator," katanya.

"Semoga dilipatgandakan segala kebaikannya, dikumpulkan bersama para pendahulunya di surga firdaus-Nya. Amin," harapnya.

Syekh Adnan merupakan ulama yang memimpin rapat pemilihan Maulana Habib Luthfi bin Yahya sebagai Ketua Forum Sufi Dunia yang berlangsung di Pekalongan, Jawa Tengah pada April 2019 lalu.

Di tempat yang sama, Pekalongan, Syekh Adnan bersama tokoh-tokoh sufi dunia juga menghadiri Konferensi Internasional bertajuk Bela Negara pada 2016 lalu.**