Nurjannah Melahirkan Bayi Laki-laki di Jalan, Anaknya Terlilit Tali Pusar, Bidan Desa Berdatangan


 Gara-gara kondisi jalan rusak dan memakan berjam-jam, Nurjannah Inen Sanjung, warga Kabupaten Bener, Aceh, terpaksa melahirkan di tengah jalan saat menuju ke rumah sakit, Kamis (29/10/2020).

Menurut Sumarni (33), salah satu warga yang membantu persalinan mengatakan, peristiwa itu terjadi saat Nurjannah dalam perjalanan dari Puskesmas Samar Kilang ke Rumah Sakit Umum Muyang Kute.

Saat itu, air ketuban Nurjannah pecah.

"Saat itu, kami langsung menuju mobil, dan memindahkan tubuh ibu yang akan melahirkan itu ke jalan, dengan menyiapkan alas seadanya untuk melakukan proses persalinan," kata Sumarni, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/10/2020).

Menurut Sumarni, kejadian itu berawal saat seorang pria datang ke rumah ibunya Siti Maneh (56).

Pria tersebut memberitahukan bahwa ada seorang perempuan yang hendak melahirkan.

Siti, menurut Sumarni, memang dikenal sering membantu persalinan.

Setelah itu, Sumarni dan ibunya segera ke lokasi Nurjannah dan membantunya melahirkan.

Tak berselang lama, saat proses melahirkan, sekitar 07.00 WIB, seorang bidan dari Kampung Rusip juga datang ke lokasi untuk membantu.

"Kemudian ibu saya bekerja sama dengan bidan itu melakukan proses persalinan, dan alhamdulillah ibu dan bayi itu lahir dengan selamat. Bayi ini berjenis kelamin laki-laki," sebut Sumarni.

Sumarni menceritakan, bayi laki-laki tersebut sempat terlilit tali pusar. Namun, Sumarni dan bidan segera melepaskannya dengan segera. Saat ini, Nurjannah dan bayinya sudah dibawa ke Puskesmas Samar Kilang untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Dari penelusuran Kompas.com, kondisi jalan di kawasan Samar Kilang belum diaspal sepenuhnya.