Patut ditiru, kakek buta ini rajin salat di Masjid, jalannya sambil ngeraba

 


Inspiratif, kakek buta ini rajin salat di Masjid. Foto: TikTok

Kisah inspiratif sekaligus layak dicontoh, meski buta, kakek ini tetap semangat rajin salat di masjid, bahkan ia selalu menjadi orang pertama yang hadir ketika salat berjemaah.

Setiap umat beragama, tentu memiliki cara beribadah masing-masing. Meski berbeda-beda, ternyata banyak hal yang perlu dicontoh dari cara seseorang dalam berkomunikasi dengan Sang Pencipta.

Seperti halnya kisah seorang pria tua yang tetap semangat menjalani kebutuhan rohaninya walaupun memiliki keterbatasan dalam melihat.

Kisah cara beribadah seseorang di tengah kekurangannya itu dibagikan oleh seorang warganet di jejaring media sosial TikTok. Melalui akun pribadinya @masmemed, ia mengunggah sebuah video yang merekam seorang kakek sedang beribadah atau salat berjemaah di masjid.

Si pengunggah sekaligus perekam itu pun menuliskan sebuah caption yang menjelaskan keterbatasan si kakek. Meski tak bisa melihat alias tunanetra, pria tua itu digambarkan sebagai sosok yang rajin untuk datang salat berjamaah di masjid.

“Walaupun tidak bisa melihat, selalu hadir nomer satu untuk solat berjemaah,” tulis @Masmemed.

Dalam unggahan lainnya, akun itu juga merekam ketika kakek tersebut sedang berjalan sambil meraba dinding-dinding di sekitar masjid.

Ia pun menjealaskan, kakek yang tak diketahui namanya itu setiap hari selalu menyempatkan diri untuk salat berjemaah di masjidnya.

Sambil mengenakan sarung, kopiah hitam dan kemeja batik lengan panjang, kakek itu tampak dengan sabar berjalan pelahan menyusuri area masjid.

Seakan sudah hafal posisi setiap seluk beluk masjid, ia pun mulai menggelar sajadahnya.

Lantaran tak bisa melihat, ketika sajadah yang ia bawa digelar, bentuknya pun masih berantakan dan tak simetris.

Kakek itu pun kembali harus meraba garis-garis ubin di sekitar sajadahnya guna meluruskan arah agar sesuai dengan kiblat.

Sontak unggahan itu pun dibanjiri komentar decak kagum dari para warganet. Tak sedikit pula warganet yang merasa malu dengan kakek itu, lantaran kerap menunda salat.

“Beliau mengejar akhirat dengan taatnya. Gapapa pak, bapak gelap di dunia, bapak akan dapatkan keterangan cahaya yang abadi di akhirat nanti,” balas akun @Fiysantikusuma.

“Dan aku malu, kenapa aku yang bisa melihat dengan normal malah sering menunda-nunda salat,” ujar akun @iamriska.

“Air mata ku langsung menetes lihat ini. Semoga diberi keberkahan buat kakek,” tutur akun @zeaael.

Hingga tulisan ini dibuat, unggahan itu telah tayang sebanyak 442,2 ribu kali dan mendapat 55,3 ribu penyuka.

Berikut video selengkapnya:

@masmemed

Walaupun tdk bisa melihat selalu hadir nomer satu untuk solat berjama ah,

♬ huwanur – ♦️TikTok Semarang♦️
@masmemed

walaupun tdk bisa melihat setiap hari ke masjid untuk berjamaah solat.smg sehat selalu.

♬ alloh alloh – tanpanama