Innalillahi, Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan Asal Thailand Meninggal Dunia di Pakanbaru


 Muhammad Rusdee (22), Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan asal Pathoni Thailand meninggal dunia dalam tragedi naas tenggelam di air saat Camping Pramuka di Pakanbaru Sabtu 22 Nopember 2020.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan, Dr. Sumper Mulia Harahap melalui watshap membenarkan Berita duka itu.

Dikatakan atas restu kedua orang tua dan keluarga di Pathoni Thailand, jenazah di semayamkan sekaligus dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pakanbaru.

"Muhammad Rusdee berangkat ke Pekanbaru awal bulan Nopember bersama Isman Thai Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan Semester 7 yang juga berasal dari Pathoni. mahasiswa Asal Thailand itu berkunjung menemui rekan mereka mahasiswa asal negara yang sama yang kuliah Universitas Islam Negeri Pakanbaru Riau," kata Sumper.

Sejumlah perwakilan dosen IAIN Padangsidimpuan diantaranya Dr. Hamdan Hasibuan, MA Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan bersama Kassubbag Akademik Mukti Ali, S. Ag. berangkat ke Pakanbaru guna mengurus jenazah sekaligus mengucapkan belasungkawa dari keluarga besar IAIN Padangsidimpuan.

Sumper juga memberitahukan kabar dukacita ini di grup lingkungan masyarakat Lk-IV Sihitang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan tempat dimana sebelumnya para mahasiswa IAIN Padangsidimpuan asal Pathoni Thailand pernah kost di lingkungan ini karena tempatnya dekat dengan kampus atau hanya berjarak setengah kilometer saja dari IAIN Padangsidimpuan.

"Inna lillah wa inna ilaih rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah, mahasiswa IAIN Padangsidimpuan berasal dari Pathoni Thailand bernama Muhammad Rusdee (Sem-7) pada hari Sabtu siang 22 Nopember (tenggelam air pada saat camping Pramuka di Pekanbaru). Jenazah disemayamkan dan dimakamkan di Pekanbaru atas izin orang tuanya. Almarhum pernah tinggal dan kost di lingkungan IV Sihitang. Kita doakan, semoga Almarhum ditempatkan pada makam mahmuda. Amin ya Allah,"Tulis Sumper di Akun Watshap Lingkungan IV Sihitang.

Sontak warga Padangsidimpuan yang mendapat kabar duka tersebut mengucapkan belasungkawa turut berduka membalas akun Pembantu Rektor I IAIN Padangsidimpuan tersebut. Oleh warga Muhammad Rusdee dikenal baik dan suka bergaul bersama warga setempat dan aktif mengikuti kegiatan masyarakat dilingkungan.

"Saya kenal dia, Muhammad Rusdee ini baik rajin mengikuti kegiatan masyarakat. Innalillahi wa Innailaihi rojiun semoga husnul khatimah," kata Iwan.

Namun setelah mahasiswa asal Pathoni Thailand ini pindah kost ke kelurahan Padangmatinggi, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan bertahun lamanya tidak lagi berjumpa dengan mahasiswa yang dulunya pernah tinggal di lingkungan IV Sihitang. "Sebagian mereka sudah selesai kuliah dan pulang ke negara asal. Jadi lama tidak berkomunikasi lagi," pungkas Iwan.