Hendak Melahirkan, Ibu ini Ditolak Sejumlah Rumah Sakit, ini Penjelasannya!

 


Seorang ibu muda berinisial H (24) harus meninggal dunia. Diduga dia ditolak sejumlah rumah sakit ketika akan melahirkan pada Rabu (9/12/2020).

Perempuan asal Desa Bontomanai, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan disinyalir ditolak lima rumah sakit di Makassar karena tidak melampirkan hasil rapid test.

Berita ini pun tersebar dibeberapa media sosial, salah satunya akun @infograam. Akun ini memaparkan rumah sakit yang dimaksud adalah RS Labuang Baji, RS Kartini, RS Ananda, dan RS Pelamonia. Sesampainya di RSUP Wahidin, H (24) sudah tidak kuat hingga akhirnya meninggal dunia bersama anak yang dikandungnya.

H (24) langsung dipulangkan ke Bulukumba pukul 22.23 WITA oleh keluarganya.

“Pukul 17.28 WITA ke RS Labuang Baji tapi ditolak karena tidak ada hasil rapid test. Pukul 18.22 WITA di RS Kartini, tidak ada ICU. Pukul 19.00 Wita di RS Ananda, ruang ICU sedang disterilkan,” keterangan Faisal Ahmad rekan almarhum di unggahan @infograam.

Diketahui ibu dari pasien menjelaskan bahwa anaknya sempat kejang sebelum melahirkan dan dibawa ke RS Labuang Baji Makassar tapi pihak tersebut malah menolak.

Ibunya pun merasa kecewa dengan sikap rumah sakit yang berujung meninggalnya H (24).

Dikonfirmasi oleh RS Labuang Baji, pihaknya menjelaskan keadaan fasilitas tidak memadai sehingga pasien harus diarahkan ke rumah sakit terdekat lainnya.

Keluarga pasien pun mengerti dan menerima agar H (24) dirujuk ke tempat lain. Tapi, pasien sudah tidak kuat dan meninggal dunia.

Hingga saat ini belum ada berita lebih lanjut mengenai perkembangan peristwia yang menimpa pasien H (24)

Unggahan berita ini pun lantas membuat warganet berkomentar miris di akun @infograam.

"Astaghfirullah kejam itu, semoga husnul khotimah ya Allah," tulis akun @javaayu.

"Sama banget nih, adek saya mau melahirkan, sudah mules-mules parah tapi ditolak empat RS karena hasil rapid reaktif dan disuruh swab dulu. Kalau ada yang bisa bantu buat swab detik ini juga pasti langsung swab. Sampai sekarang masih mutar aja nyari RS yang mau nolong buat melahirkan," curhat akun @enggardharadareldevan.

"Jahat dan miris banget lihatnya," tutur akun @intan16yuki.