Rizieq Dipanggil Polisi, Aparat Jaga Ketat Polda dan Siagakan Mobil Taktis

 


Penyidik Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya dijadwalkan memeriksa Habib Rizieq Shihab dan menantunya Hanif Alatas, pada Senin (7/12/2020) ini. Penjagaan ketat oleh aparat gabungan TNI-Polri disiagakan di lokasi.

Berdasarkan pantauan Suara.com di lokasi sejak pukul 09.30 WIB sebelumnya para personel gabungan tersebut melakukan apel terlebih dahulu. Setelah itu pasukan dikerahkan untuk menjaga sejumlah titik di sekitar Polda Metro Jaya.

Titik yang dijaga aparat diantaranya seperti Jalan Sudirman, Kawasan SCBD, hingga di depan gerbang utama Polda Metro Jaya. Selain itu, sejumlah kendaraan taktis juga disiagakan aparat.

Terpantau mobil water canon, mobil pengurai massa hingga sejumlah motor tril milik satuan Brimob disiagakan.Sementara itu belum terlihat adanya tanda-tanda kedatangan massa untuk mengawal kehadiran Rizieq dan menantunya di Polda Metro. Begitu juga dengan kehadiran imam besar FPI tersebut di lokasi.


Sebelumnya Sekretaris Bantuan Hukum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar hingga Minggu (6/12) malam belum bisa memastikan apakah Habib Rizieq dan Hanif akan hadir atau tidaknya memenuhi panggilan polisi.


"Besok (hari ini) dikabari ya," kata Aziz saat dihubungi Suara.com.


Agenda pemeriksaan hari ini merupakan tindak lanjut atas penggilan pemeriksaan kedua yang dilayangkan penyidik kepada Rizieq dan Hanif pada Rabu (2/12) lalu.


Dalam perjalanannya, kericuhan sempat terjadi saat penyidik berupaya menyerahkan surat panggilan kedua tersebut.


Ketika itu, sejumlah simpatisan dan Laskar FPI menghadang penyidik tatkala hendak mendatangi kediaman Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat.


Bahkan, sejumlah personel Brimob sempat dikerahkan ke lokasi. Sampai pada akhirnya surat panggilan pemeriksaan kedua itu diterima oleh perwakilan keluarga Rizieq.


Adapun, surat panggilan pemeriksaan kedua itu dilayangkan oleh penyidik setelah sebelumnya Habib Rizieq dan Hanif tidak hadir memenuhi panggilan pemeriksaan pertama pada Selasa (1/12).


Ketika itu, Rizieq tak memenuhi panggilan penyidik dengan alasan masih beristirahat pasca-dirawat di Rumah Sakit Ummi Bogor karena kelelahan. Sedangkan, Hanif beralasan sedang ada acara lain.


Sementara itu, Aziz menyatakan bahwa kekinian kondisi Rizieq telah membaik. Meski dia belum bisa memastikan apakah pentolan FPI tersebut bisa atau tidak memenuhi penggilan penyidik hari ini.


"Alhamdulillah (kondisi Rizieq) sehat," katanya.