Viral Pemulung Bawa Becak Beri Susu pada Bayinya di Trotoar

 


Belum lama ini, sebuah foto yang miris sekaligus haru beredar di media sosial, Bunda. Foto tersebut memperlihatkan seorang pemulung yang memberikan botol susu pada bayinya di atas trotoar dengan beralaskan kardus.

Sementara sang pemulung juga terlihat memegang becaknya yang sudah penuh dengan barang-barang rongsokan.

Foto tersebut diunggah oleh seorang Humas Basarnas Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, dengan akun @banjarnahor. Dari keterangan pemilik akun, sang pemulung disebut tengah memulung di Bandung, Jawa Barat.

"Tadi sore muter Bandung ketemu seorang Ayah lagi kasih susu ke anaknya di atas trotoar dengan alas selembar kardus," tulis Joshua Banjarnahor, dilansir Instagram, Jumat (1/1/2021).

Joshua juga memperkenalkan nama anak sang pemulung yakni Seno, dan baru berusia 7 bulan. Seno setiap harinya diajak sang ayah untuk ikut memulung.

"Saat saya samperin, terlihat sekali ayahnya kerepotan. Disatu sisi harus memberikan susu ke anaknya, di sisi lainnya harus memegang becak gerobak hasil memulung," ujar Joshua.

Joshua pun mendatangi sang pemulung yang bernama Pak Dede dan mengajaknya bercakap-cakap. Dari sana ia tahu bahwa Pak Dede setiap harinya mengitari kota Bandung untuk mengais rezeki.

"Kami saling ngobrol sambil aku ajak Seno bercanda. Ayahnya menceritakan setiap hari dia memulung muterin kota Bandung," katanya.

Pak Dede juga menceritakan bahwa istrinya ada di rumah namun sakit-sakitan, itu sebabnya ia membawa sang bayi bersamanya.

"Saat saya tanya "dimana Mamanya Seno?" Lalu Pa Dede yaitu Ayahnya menjawab bahwa istrinya di rumah sakit-sakitan makanya Seno di bawa ikut memulung," ujarnya.

Unggahan Joshua ini pun viral di media sosial, Bunda. Serta mendapat beragam reaksi netizen.

Klik halaman selanjutnya.

Melalui unggahan itu, Joshua sendiri merasa tertampar terkait rasa syukur.

"Kalau udah lihat seperti ini, ngerasa banget kalau kita tuh masih sangat-sangat kurang bersyukur. Disaat tercukupi tapi kadang kita masih aja ngeluh. Semoga kita bisa terus Bersyukur ya dan jadi pembawa kebaikan dimanapun," katanya.

Unggahan Joshua yang viral ini mendapat banyak komentar dari warganet, Bunda. Di antara mereka bahkan mencoba menawarkan bantuan untuk Seno dan ayahnya.